Senin, 25 Mei 2015

Seputar Kanker yang Perlu Diketahui

1 dari 2 wanita dan 1 dari 3 laki-laki didiagnosis mengidap penyakit kanker. Hal ini berarti kanker sangat dekat dengan kehidupan kita.

Seputar Kanker yang Perlu Diketahui (Ilustrasi, Thinkstock)
Statistik ini cukup mengejutkan: 1 dari 2 wanita dan 1 dari 3 laki-laki didiagnosis mengidap penyakit kanker. Hal ini berarti kanker sangat dekat dengan kehidupan kita. Untuk itu, ada 5 hal yang perlu kita ketahui tentang kanker:

1. Sudah ada sejak zaman dahuluFakta yang mengatakan bahwa kanker merupakan penyakit modern adalah sebuah kesalahan. Kasus penyakit kanker pertama kali ditemukan pada 1600 BC. Meskipun kanker telah menyerang jutaan nyawa manusia setiap tahunnya, namun para peneliti telah mencapai kemajuan untuk mengobati penyakit ini. Saat ini kita memiliki perawatan yang efektif untuk penyakit kanker dan pengidapnya bisa hidup lebih lama daripada yang diperkirakan dokter.

2. Bisa dicegahMenurut World Health Organization (WHO), penyakit kanker bisa dicegah dengan pilihan gaya hidup yang baik. Kita harus mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, olahraga, dan mempertahankan berat badan. Kita juga harus melindungi diri dari sinar matahari, membatasi alkohol, daging merah, dan jangan pernah merokok. Meskipun tidak ada jaminan jika melakukan itu semua kita bisa terbebas dari kanker, tapi setidaknya dengan memilih gaya hidup sehat, resiko mengidap kanker bisa dikurangi.

3. Jenis kanker tidak hanya satuHal lain yang perlu diketahui tentang kanker adalah ia tidak hanya ada satu penyakit. Kanker merupakan ‘keluarga besar’ dengan 400 penyakit lainnya – biasanya ditandai dengan tidak terkontrolnya perkembangan sel-sel abnormal. Kita mengetahui tidak ada orang yang sama di dunia ini, begitu pun dengan kanker. Oleh sebab itu, standar perawatan kanker berbeda-beda pada setiap orang.

4. Jika dokter Anda tidak up-to-date tentang perkembangan kanker, cari dokter baruSementara ada dokter yang memiliki perkembangan terbaru tentang kanker, ada juga beberapa onkologis yang tidak tahu. Setiap hari, para peneliti mempelajari hal baru tentang kanker agar bisa melawan penyakit tersebut. Jika onkologis kita tidak up to date dengan perkembangan dan perawatan terbaru, maka carilah dokter lain.

5. Harapan merupakan senjata terkuat melawan kankerKanker adalah pencuri -- ia mencoba mencuri harapan, mimpi, dan hidup kita. Namun, kita tidak boleh membiarkannya. Tahun 2015 ini, kita memiliki contoh baik untuk menyembuhkan kanker, yaitu dengan memberikan semangat pada pengidap kanker lainnya. Meskipun belum mengetahui kapan penyakit kanker bisa disembuhkan sepenuhnya, menerima kondisi jauh lebih baik dibanding menganggap kanker sebagai hukuman mati.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store