Senin, 04 Juli 2011

Apa PBB udah benar menjalankan tugasnya?

apa PBB udah efisien dan benar menjalankan tugasnya?
apa PBB bener2 berpengaruh pada dunia?
terus contoh2nya apa kalo memang berpengaruh?

Jawaban:

- Dari awalnya PBB dibentuk oleh kelompok pemenang perang dunia ke-2 yaitu sekutu, maka garis pemikiran utamanya tentu untuk mendukung kepentingan pihak sekutu, seperti AS, Rusia & negara2 Eropa barat, PBB akan bertindak tegas terhadap negara2 kecil yang melanggar, tapi tidak mampu atau membiarkan negara2 besar / sekutu yang bersalah, AS sudah melanggar 24 resolusi PBB, Rusia sudah 22x menolak instruksi PBB, demikian pula Inggris, Perancis, bahkan Israel terang2an menolak resolusi PBB, PBB untuk urusan sosial memang ada sedikit manfaatnya untuk negara miskin/ berkembang, tapi soal politis cenderung membela negara kuat /sekutu, soal Palestina-Israel sampai sekarang masih terkatung2..

- 1. kalau dilihat dari konflik/kasus perseteruan antar negara dan konflik regional yang berhubungan dengan stabilitas politik internasional/global yang terjadi semenjak PBB berdiri, kaya'nya tidak efisien deh, sudah berapa perang/konflik (besar/kecil) yang terjadi ? bukankah misi utama PBB itu untuk mencegah masalah2 tersebut ? mulai dari perang korea, perang vietnam, perang arab-israel, perang peru-ekuador, perang irak-iran, kasus panama, konflik grenada, perang malvinas, perang teluk, kasus Palestina-Israel, konflik Balkan (Yugoslavia, Bosnia, serbia), konflik Chechnya, perang lawan terorisme di irak + Afghanistan, konflik regional ethopia vs eritrea, konflik israel vs Hezbullah+lebanon, kasus pembajakan dan perang saudara di Somalia, konflik ambalat (Indonesia vs malaysia) sampai yang terbaru konflik Kamboja vs Thailand dan konflik Libya, dan masih banyak lagi, PBB tidak dapat mencegahnya, beberapa konflik dapat diselesaikan dengan bantuan PBB setelah jatuh begitu banyak korban jiwa. Dalam menyelesaikan permasalahan2 ini PBB dapat dibilang tidak efisien.

2. Mengenai benar atau tidaknya PBB dalam menjalankan tugas, tergantung dari kepatuhan anggotanya dalam melaksanakan aturan2 dan resolusi (code of conduct) yang berlaku di PBB, yang aku ketahui PBB kurang tegas dan kurang mempunyai kekuatan untuk memaksakan aturan2 tersebut kepada anggota2nya, karena apa ? karena PBB sampai sekarang masih dikendalikan oleh negara2 besar dan kuat terutama negara2 yang mempunyai hak veto (USA, Russia, China, Perancis, Inggris), coba kita lihat bagaimana jumawanya USA dalam 2 kali memimpin perang di Timur tengah meskipun PBB belum mengeluarkan resolusi. bagaimana Russia cuek saja melakukan operasi militer di chechnya, bagaimana sombongnya israel dalam bersikap terhadap palestina dan hezbullah. Tindakan PBB baru dapat dikatakan benar apabila tidak ada lagi intervensi2 dari negara2 kuat.

3. Pengaruh PBB dalam segi kemanusiaan melalui badan2 sosial di bawah komandonya dapat dikatakan cukup berpengaruh terhadap perkembangan sosial dunia. UNESCO, UNICEF, UNDP, dll aq kira sudah cukup maksimal dalam menjalankan tugasnya, pengaruh PBB sangat terasa melalui badan2 tersebut. badan2 tersebut bekerja keras untuk meningkatkan kelayakan hidup negara2 anggotanya (terutama negara miskin dan berkembang), mengurangi angka kematian anak, meningkatkan standar kesehatan, meningkatkan kualitas pendidikan melalui kampanye2 yang dilakukan di seluruh dunia, termasuk dalam penggalangan dana

- 1. PBB blum efisien menjalankan tugasnya, hal ini dapat dilihat dari serangan amerika ke irak dimana PBB tidak dapat berbuat apa2.. hal ini tak lepas dari penguasa PBB itu dimana isinya merupakan Amerika dan sekutu2nya (negara eropa). sehingga segala sesuatu yg menyangkut amerika dan sekutunya PBB cenderung diam saja menuruti mereka.. targis y...T_T

2. PBB sangat berpengaruh pada dunia, karena negara yg tidak menjadi angota PBB akan di kucilkan dunia internasional, dimana indonesia pernah mengalaminya disaat kepemimpianan presiden soekarnao indonesia memutuskan keluar dari kenagotaan PBB dan imbasnya indonesia pun dikucilkan dunia internasional dimasa itu. sehingga semua negara ingin menjadi anggota PBB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store