Senin, 04 Juli 2011

Indonesiaku sayang, Indonesiaku malang

Indonesia, negara yang kita huni. Negara yang dimana kala itu pernah berjaya sebagai "macan Asia.", negara yang kala itu di takuti di negara Asia, negara yang kala itu di segani di mata dunia, itu dulu, kini hanya "macan ompong." yang gak punya gigi.

Sipadan - hanya kenangan
Negara yang dulu tertata rapi, kini amburadul bagai benang kusut, ideologi pancasila yang di pegang teguh kala itu, kini berpindah ke ideologi kebarat-baratan. "Macan ompong" yang tak bisa melindungi dirinya sendiri. Sipadan, ligitan, pergi begitu saja, cultural stealing, itu yang di alami. Satu demi persatu, milik Indonesia menghilang ke tangan negara lain.
Freeport - papua barat

Skeptis, apatis, itu yang sebagian rakyat Indonesia rasakan. Keputus-asaan karena masalah yang berlarut-larut tak kunjung usai. Bingung apa dan harus bagaimana untuk membenahi negara ini. Tapi sebenernya di lain pihak, SDA Indonesia sagat kaya, tapi tak dapat di manfaatkan dengan baik. Namun tak bisa menyalahkan pemerintah juga, karena biaya yang di butuhkan untuk merawat SDA yang banyak ini, tak cukup hanya Rp.1,./Rp.2,. saja, butuh milyar/bahkan triliun, tapi duit dari mana? oleh karenanya, dengan amat sangat, harus diserahkan ke pihak asing untuk merawat SDA Indonesia. Dan apa yang Indonesia dapat?.

Lantas gimana dengan SDM nya?, pemerintahnya KKN, pemerintah mencekik leher rakyat, dll. Sebenernya kita juga tak bisa menyalahkan pemerintahnya juga, karena sekarang ini apa-apa serba mahal. Ini adalah masalah global, import barang dari luar negeri, intinya jaman menindas kehidupan ini, kehidupan ini sudah berubah. Kita tak bisa menyalahkan salah satu pihak, selain itu moral krisis juga menghantui kita. Sistem pemerintahan yang kacau?, kacau yang bagaimana kalo para elit politik saling rebutan kekuasaan?, nah ini balik lagi ke masalah krisis moral.

Bali blast 2002, ini juga ada dampak buruk buat Indonesia. Ini adalah ulah salah satu pihak yang ingin menghancurkan Indonesia, lihat saja dampak dari Bali blast, secara tak langsung perekonomian di Indonesia menurun, karena kita tak dapat pemasukan dari wisatan aising. Apakah ini heroic?, kalo di bilang heroic mungkin bagi mereka yang senang melihat Indonesia hancur, tapi apa dampak buat masyarakat Indonesia sendiri?, freedom? freedom of what?.

Terdapat skitar 16 ribu pulau, dan ratusan bahasa daerah. Sebaiknya, kita bangun lagi pillar-pillar yang mulai runtuh, tapi tak mungkin jika 1 orang saja yang membangun pillar tersebut, harus seluruh rakyat. Skeptisme, apatisme sebaiknya kita hindarkan, kalo kita selalu begitu terus, gimana bisa membangun Indonesia ini?. Ini adalah sifat dasar seseorang, jika masih miskin di buang, namun jika sudah kaya di sayang, begitu halnya dengan Indonesia. Negara amburadul, kacau, rakyat skeptis, kalo udah maju, bangganya minta ampun.
Sebaiknya, kalo kita merasa cinta, dan merasa memiliki Indonesia, bangun Indonesia ini, jangan saling menyalahkan pihak lain, suatu saat Indonesia akan kembali berjaya di era 80an.

Cintailah negaramu dan bangun pillar-pillar negara yang kuat.

17:53, 04.07.11
by GaWi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store