Selasa, 31 Mei 2011

Cara mengetahui asal seseorang


Kadang kita susah buat mengetahui asal seseorang, terutama para bule, soalnya mereka terlihat sama di mata kita. Asal putih, blonde, langsung kita identifikasi dari Amerika, padahal belum tentu mereka dari Amerika. Selama “memperhatikan” orang dari berbagai dunia, akhirnya aku simpulin beberapa cara gampang mengetahui asal (negara) seseorang.

Bahasa
Yup, bahasa paling gampang kita ketahui, tapi gimana cara tau orang dari UK sama USA?. Nah, awalnya aku juga bingung, soalnya sama-sama pake bahasa Inggris, tapi kalo di perhatiin, Inggris mereka ini beda.

British – English
Nah, orang dari UK ini cenderung gak ngomong huruf terakhirnya. Misal, kata what, kalo orang dari UK ngomong what, maka yang jadinya wha. Selain itu, kata remember, maka jadinya bakal remember dengan sedikit kata ‘h’ di akhir kalimat. Ini berlaku buat orang UK sekitar, kata lain adalah champion, pelafalan orang UK terlihat jelas, terutama penekanan di huruf ‘h’ nya, sedangkan kalo orang USA bakal terdengar ‘cempion’. Selain itu, kalo orang UK ngomong nih cenderung gak begitu jelas, sedikit mumble.

American – English
Cara gampang kalo tau orang America itu dari bahasa Inggris slang. English-America ini kurang begitu formal, cenderung santai. Orang America nih biasanya jarang ngomong dollar ($$$), kalo $ 20, biasanya kalo yang formal mereka bakal bilang 20 dollar, tapi orang America ini cenderung bilang 20 bucks. Bucks ini adalah bahasa slang buat dollar.

Australian – English
Australian – English ini cenderung rada aneh. Dari aksen mereka dan dari bahasa. Keliatannya sama, menggunakan Inggris, tapi ada bedanya. Orang Australian cenderung ngomong mate buat friend, selain itu kata certificate, orang Australi cenderung ngomong testamur. Kata yang gampang di ketahui itu ‘G’day’.

Singapore – English
Nah, kalo Singapore – English ini gampang. Orang biasa nyebutnya Singlish, Singlish kebanyakan di akhiri kata ‘lah’. Misal, “I can lah.” , “I don’t know lah.”, dan Singlish ini cenderung rada gak beraturan. Grammernya rada kacau. Selain itu, kalo Singlish ini ada unsur mandarinnya, jadi aksen mandarinnya ketara.

India – English
Kalo orang India ngomong English, pasti ada aksen India nya, itu yang gak bisa di hilangkan. Tapi kalo di perhatiin, English – India ini selalu di akhiri dengan ‘-ing’. Seperti, having, playing, mereka cenderung pake tenses continues.

Bahasa Vietnam
Awalnya aku perhatiin bahasa Vietnam ini hampir sama kayak bahasa Thailand, tapi berhubung banyak bergaul sama orang Vietnam akhirnya tau dimana letak bedanya. Bukannya menjelekkan, tapi kenyataannya begitu, bahasa Vietnam ini terdengar bagai bahasa orang gagu. Jadi kedengarannya kayak orang gagu yang ngomong, seolah terpatah-patah.

Fisik
Yang gampang lainnya itu dari fisik, nah ini beberapa ciri fisik seseorang.

Hongkong – China
Kalo orang Hongkong dari fisiknya, mereka cenderung sedikit lebih tinggi dari orang China. Selain itu kalo dari gaya, orang Hongkong ini lebih stylish di bandingkan orang China. Mereka lebih ngerti mode yang lagi trends.

Turkey
Turkey itu setengah Asia, setengah Eropa, tapi kalo dari segi fisik, mereka ini ada unsur timur tengah. Jadi sedikit ada Arab, India, itu ciri fisik umum mereka.

Jepang
Orang Jepang cenderung berbadan langsing, terutama yang ceweknya. Itu yang gampang di ketahui kalo dari cewek Jepang.

Nah, kalo di Sydney sendiri, yang paling gampang di ketahui itu orang Lebanon. Karena rata-rata cowok Lebanon di sana tuh model rambutnya yang kayak militer, cepak dan ada ekor rambutnya. Dan lagi, kalo orang USA itu cenderung cuek, terutama yang cewek.

But, orang UK tuh cenderung baik orangnya, tertutama orang yang tua, dan orang UK nih gak suka basa-basi.

Kalo mau cara lebih gampang, tinggal samperin tuh orang dan tanya dari mana asalnya. Gampanng kan?!.


by GaWi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store