Senin, 09 Mei 2011

Manusia yang mungkin belum pernah kita tahu

Joseph Merrick – Manusia Gajah

Sebuah cerita menarik dari perjalanan hidup seorang "Merrick" yang dikenal sebagai Manusia Gajah pantaslah untuk kita simak. Joseph Carey Merrick adalah orang Inggris yang kemudian dikenal sebagai "The Elephant Man" karena penampilan fisiknya yang rusak disebabkan oleh kelainan bawaan. Lahir tahun 1862, Joseph Merrick memiliki kelainan fisik yaitu daun telinganya tumbuh sangat besar ketika dia berumur lima tahun.

Umur 27 tahun, Joseph tutup usia karena diskolasi tulang lehernya yang disebabkan semakin membesarnya tumor di wajah yang bebannya tidak sanggup lagi di topang oleh tulang leher.

Kerangka tulang Merrick di awetkan untuk penelitan lebih lanjut. Terbukti joseph Merrick bukan mengidap penyakit "elephantiasis" yang seperti yang dikira akan tetapi sindrom Proteus. 

 Myrtle Corbin – Wanita Berkaki Empat

Josephene Myrtle Corbin, wanita yang dikenal memiliki empat kaki, lahir di Lincoln Country, Tennesee tahun 1868. Ekstra sepasang kaki yang sampai akhir hayatnya tidak diamputasi itu, sebenarnya merupakan milik saudara kembarnya yang menumpang di tubuhnya.

Corbin menikah saat usianya 19 tahun dengan seorang dokter, Clinton Bicknell. Ia memiliki empat anak perempuan dan seorang laki-laki. Ia mengatakan, tiga orang anaknya lahir dengan organ yang lengkap, namun dua lainnya memiliki tambahan organ. Corbin meninggal pada 6 Mei 1928. 







Wang – Manusia Unicorn

 
Tahun 1930, seorang petani Cina dari Mancgukuo bertemu dengan seorang bankir Rusia. Orang Rusia itu mengambil gambar si petani dan mengirimkan fotonya ke Robert Ripley dari acara ‘Believe It Or Not’. Diketahui sebagai Wang, atau terkadang dipanggil Weng, petani ini sebenernya bertubuh normal, kecuali tanduk sepanjang 14 inci yang tumbuh dari belakang kepalanya. Ripley menawarkan uang yang banyak buat siapa saja yang bisa membawanya tampil di Odditorium. Namun, Wang menghilang dari publik di awal 1930an dan nggak pernah terdengar lagi kabarnya.







Lionel – Bocah Berwajah Singa
 
Stephan Bibrowsky lahir di Ploandia tahun 1890 dari orang tua yang normal. Dia menderita hypertrichosis, kelainan genetik yang jarang terjadi yang menutupi seluruh tubuh dengan bulu. Hanya ada sekitar 50 kasus dari kelainan ini yang diketahui sejak abad pertengahan. Dalam kasus Lionel, rambut sepanjang enam inci menutupi badannya. Dia ditemukan oleh seorang dari Jerman bernama Meyer saat dia empat tahun dan menjadi terkenal di Eropa dimana dia mendapat julukan manusia berwajah singa. Beda jauh sama binatang tentunya, dia pakai baju dan gaul dengan lima bahasa yang dia kuasai.






Ella Harper – Gadis Unta 

Ella Harper lahir di  Hendersonville, Tennessee pada 1873. 

Inilah tulisan pitch card dari Ella Harper. Pitch card tuh iklan buat attraksi pertunjukkan.
“Saya dipanggil gadis unta karena lutut saya menghadap belakang. Saya bisa berjalan dengan tangan dan kaki saya seperti yang Anda lihat di gambar. Saya telah berpergian untuk pertunjukkan selama empat tahun dan sekarang, tahun 1886 dan saya memutuskan berhenti dan pergi ke sekolah dan mencari kegiatan baru”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store