Minggu, 19 Juni 2011

Bagaimana Agar Tetap Tegar Setelah Putus Cinta?

Sedih dan marah pasti dirasakan setiap orang yang patah hati atau putus cinta. Tapi bukan berarti Anda harus berlarut-larut dalam kesedihan. 

Jadilah wanita kuat, jangan biarkan mantan kekasih melihat Anda sebagai orang yang lemah karena ditinggal kekasih. Lakukan tujuh cara mengatasi patah hati seperti yang dikutip dari Wikihow ini, dan segera sambut hari baru yang lebih baik.

1. Jangan Menghubunginya Lagi
Mungkin Anda masih menyimpan rasa cinta dan belum bisa melepasnya begitu saja. Anda masih ingin bertemu dan menghubunginya. Hal itu wajar, tapi cobalah menekan keinginan itu sebisa mungkin. Jangan menelepon atau mengirim pesan teks seolah-olah tidak ada masalah dalam hubungan kalian. Singkirkan juga keinginan untuk membuatnya mencintai Anda lagi, karena hanya buang-buang waktu, menyiksa batin sendiri dan membuat Anda terlihat lemah.

2. Maafkan dan Lupakan
Kesal, sedih dan marah pasti akan Anda rasakan saat putus cinta. Tapi jangan sampai mantan kekasih melihat Anda menderita tanpa dia. Hal itu hanya akan membuat mereka merasa puas dan naik egonya. Biarkan perasaan itu meledak dan mereda dengan sendirinya. Begitu perasaan lebih tenang, maafkan semua kesalahannya dan jalani hari baru yang lebih baik.

3. Menangislah
Hati manusia tidak terbuat dari baja, yang tidak merasakan apa-apa saat disakiti. Di minggu-minggu awal setelah putus, Anda mungkin akan merasa sedih dan kesepian. Menangislah, bila itu membuat Anda merasa lebih baik. 'Nikmati' kesendirian dengan berdiam di kamar sambil memutar lagu-lagu romantis. Tapi ingat, jangan hanyut dalam kesedihan yang berlarut-larut.

"Waktu ideal untuk mengatasi sedih dan sakit hati karena putus cinta maksimal 4 bulan. Lebih dari itu, Anda harus coba lebih keras lagi untuk keluar dari kesedihan," saran Psikolog Alexander Sriewijono.

4. Tetap Berpikir Positif
Hanya karena mantan kekasih memutuskan hubungan, bukan berarti Anda tidak menarik lagi. Tetaplah berpikir positif. Ingatlah, banyak pria di luar sana yang mungkin lebih baik dari sang mantan dan menyukai Anda apa adanya. Tersenyum dan tertawalah. Kumpul bersama teman atau orang-orang yang peduli dan menyayangi Anda. Perasaan Anda pasti akan jauh lebih baik.

5. Ceritakan Pada Teman
Teman atau sahabat selalu bisa jadi pelarian kekesalan Anda pada sang mantan. Jika merasa hati Anda dipermainkan, jangan memendam kesedihan itu sendiri. Hubungi teman, ajak bertemu, lalu ceritakan apa yang Anda rasakan. Anda bahkan tidak perlu malu menangis di depannya. Teman sejati pasti akan mau mendengar segala keluh kesah dan membuat perasaan Anda lebih nyaman.

6. Belanja
Ketika perasaan sudah lebih tenang, ini saatnya untuk 'retail therapy'! Pergilah ke pusat perbelanjaan dan beli beberapa busana yang sekiranya membuat Anda tampil lebih menarik. Tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri, tapi juga mengingatkan bahwa Anda terlalu berharga untuk dicampakkan. Percayalah, tampil cantik akan membuat Anda merasa lebih baik.

7. Bersosialisasi
Bersosialisasi dengan orang lain akan membantu Anda melupakan sang mantan. Menjadi single bukanlah suatu 'bencana'. Bayangkan apa saja yang bisa Anda lakukan saat sendiri. Bebas bertemu banyak orang, menjalin pertemanan, bahkan pergi ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store