Minggu, 12 Juni 2011

[Nge]gowes



Bersepeda, dari anak kecil ampe orang tua rata-rata suka bersepeda. Di Indonesia sendiri, hal ini jadi tend lagi yang di mana sempet ilang. Jenis sepeda tuh banyak, kalo jaman dulu tuh sepeda kebo, hebat ya si kebo naik sepeda. Sepeda gunung, nah ini masih di bagi lagi jenisnya; Competitive XC, XC Trail, All Mountain, FreeRide/DownHill, Progrsive HT, Recreational XC. Terus ada jenis road bike; Competitive road, Endurance, TT (time trial), Fixed Gear(single speed), Fitnes(comutte), nah kalo fixie nih masuk ke road bike. Fixie, ini jenis sepeda yang gak pakai rem, fixie ini harus terus di gowes. Selain itu ban nya ini tipis, so gampang buat di genjot, asal jangan main enjot-enjotan ya. 



Mungkin maraknya komunitas bersepeda karena ingin mengurangi dampak dari global warming, atau pemanasan global, selain itu, bersepeda juga bagian dari olahraga, dan ini menjadi gaya hidup yang sempat hilang.

Fixie, yang paling banyak di minatin, karena nih jenis unik banget, mudah buat di modifikasi. Kelebihan fixie adalah bentuknya yang minimalis, ringan karena ban sepedanya tipis dan rata-rata beratnya cuman 11 KG dan tentunya gak ribet. Mungkin bagi yang belum kebiasa, sedikit rada kagok di butuhkan waktu untuk bisa “menjinakkan” si fixie. Kenapa di sebut fixie?karena gear belakangnya itu gak dinamis, jadi kalo gowes ke belakang justru yang ada jalannya mundur. Harga fixie ini berkisar dari Rp.1.500.000 ke atas. Fixie biasanya di gunakan pada kompetisi Tracking cycling yang biasa di lakukan di Voledrome[1].

Down Hill, berasal sekitar tahun 70an dari Amerika, ini termasuk dalam sepeda gunung. Di era 90an, Down Hill jadi model sepeda termahal karena kekuatannya kala itu. Down Hill biasanya di gunakan untuk perjalanan yang ekstrim dan jenis ini memiliki suspensi ganda. Tipe ini mampu menikung secara stabil dengan kecepatan tinggi, tapi tipe ini tidak stabil jika di gunakan di dalam kota atau di jalur cross country.

XC & All Mountain (AM), jenis ini terus mengalami perubahan dari suspensinya. Jenis XC yang muktahir saja mencapai harga $10.000. Mau yang lebih hebat lagi? Ada Mountain Bike Scott Genius Limited harganya berkisar $13.000, seharga mobil tuh. Jenis AM ini di rancang untuk lintasan yang berat, seperti naik turun bukit, lintasi medan berbatu, masuk hutan dan menjelajah medan off-road yang jaraknya jauh. Hampir semua jenis AM ber suspensi depan dan belakang. Sedangkan jenis XC di rancang untuk lintasan yang ringan.

ƪ(^.^)ʃ ƪ(^.^)ʃ
[Nge]gowes, ini merupakan hal yang positif yang patut kita kembangkan, sehingga dapat mengurangi hal-hal yang negative, seperti menggunakan narkoba dan sebagainya., selain itu juga bersepeda ini bagus untuk kesehatan. Dan tahu kah kalian kalau bersepeda itu bisa ningkatin mood kita, mengurangi stress, dan depresi. Yang paling penting dalam bersepeda adalah gunakan helm, sangat perlu untuk menjaga keselamatan diri. Udah pilih mau sepeda jenis apa?yuk, kita [Nge]gowes bareng ƪ (^o^) ʃ.
 
 by GaWi


[1] Lintasan balas yang berbentuk oval tanpa ujung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store