Rabu, 01 Juni 2011

Moo-mook si hantu UNAS

UNAS anak SMA seakan menjadi momok yang menakutkan, makanya aku kasih nama hantu UNAS itu Moo-mook. Tolak ukur pendidikan, apakah harus terpatok sama UNAS?, dengan semakin meningkatnya nilai/syarat kelulusan yang tinggi, maka semakin besar pula tingkat suatu kecurangan. Terus gimana bisa mengetahui suatu kemurnian nilai?.

Selain itu, toh kalo mau memasuki perkuliahan bakal di adakan test lagi, test saringan masuk. Nah, terus apa gunanya UNAS kalo ada test saringan masuk lagi?. Di banding sama luar negeri, tentu berbeda jauh, ambil contoh di Australi. Gak ada yang namanya UNAS, semua siswa lulus, cuman ada strandart tertentu buat masuk universitas. Tapi sistem di Australi ini aneh, perkuliahan di bedakan college dan universitas. College kebanyakan buat dari internasional pelajar, atau pelajar lokal yang nilainya gak cukup buat masuk universitas.

Selain itu, bisa di bilang perkuliahan di Australi gak begitu membebani siswa, tapi membebani orang tua, hehehe. Karena emang mahal banget, tapi coba tebak berapa MK yang di pelajari 1 semester?9?7?10?, salah semua. 1 semester cuman 3-4 MK yang di pelajari, dikit banget kan?beda sama di Indonesia. Emang banyak liburnya/nganggur disana, aku paling seneng tuh, maklum murid yang pemalas. Biarpun dikit, tapi jangan tanya soal tugas, tugasnya yah mungkin bisa di bilang susah, kalo di banding di Indonesia, aku perhatiin tugas emang banyak, tapi tingkatan soal beda.

Nah ini lagi, kebanyakan murid gak berani protes ke guru/dosennya. Kalo disana protes ke guru/dosen itu hal yang biasa. Kalo disini paling protes, terus guru nanya nama terus nama kita bakal selalu di ingat.

Moo-mook, hantu UNAS yang membebani siswa. Sudahkah seharusnya UNAS ini di hapuskan?, atau di ganti dengan sistem pendidikan yang lebih baik?
Seharusnya pemerintah lebih memeikirkan baik buruknya peningkatang kualitas suatu pendidikan, jangan cuman demi embel-embel "demi kualitas pendidikan bangsa.", masih ada cara yang gak terlalu membebani siswa, pemerintah harus bersikap bijak dalam hal ini.
01-06-11

by GaWi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store