Sabtu, 25 Juni 2011

Gambaran perkuliahan di luar negeri

Kuliah di luar negeri, orang mungkin beranggapan 'wah', padahal sih sebenernya biasa aja. Mungkin disana kita para mahasiswa gak terlalu di tekankan dengan aturan yang ada.

Bisa di bilang mungkin culture shocked, pertama menjalani kuliah di Sydney, sedikit kaget juga. Karena beda sama di Indonesia, dimana kalo di Indonesia terlalu banyak aturan. Selama kuliah 2 tahun di Surabaya, peraturan pertama adalah dilarang telat, itu biasa. Untuk masalah pakaian harus rapi dan menggunakan sepatu.

Nah, kalo di luar, awalnya rada kagok, karena kalo di Indonesia harus menggunakan sepatu, tapi berhubung aku disana bangun tidur langsung berangkat kuliah tanpa mandi, sepatu cari yang gak tali, biar gampang. Tapi lama-kelamaan ribet juga, karena harus pake sepatu, sedangkan bangun langsung berangkat, makanya aku putusin pake sandal jepit ke college. Kagok juga sih awalnya, soalnya yang lain pada pake sepatu, tapi lama-lama kebiasaan pake sandal jepit kalo ke college. Karena simple dan yang lain gak ada yang ngelarang, terutama si dosen, so santai aja.

Selain itu, masalah pakaian justru sangat bebas. Pernah waktu itu salah satu temen, masuk kelas cuma pake singlet sama celana pendek, ada lagi yang masuk kelas cuma pake jersey basket. Kalo masalah harus tepat waktu datang ke kelas, memang harus, karena pintu kelas dibuat kalo sudah tertutup langsung kekunci dari dalam kelas.

Masih masalah baju, kalo si cewek juga ada yang cuman pake kayak bikini dan di tutupi pake daleman yang rada transparan dan pake celana pendek. Selain itu ada cewek yang pake baju pesta, dan tentu berdandan ria, untung aja si cewek cantik, jadi enak di liat tapi gak bisa di rasain.

Maish seputar cewek, pernah suatu ketika si cewek ini gak pernah masuk kelas.gak pernah masuk pelajaran, and dateng ke kelas tanpa alas kaki alias nyekerman, mungkin dia gak ada duit buat beli sandal. Udah masuk kelas nyeker, pake headphone, bajunya tank top pula, beh, kalo di Indonesia mah udah di usir tuh cewek.

Kalo soal urusan dosen, tentu beda juga. Pertama kali masuk kelas critical thinking, aku kira si cleaning servisnya masuk kelas buat bersihin papan tulis, eh gak taunya itu si dosen. Rambutnya keriting gondrong, breweokan pula, tapi dia ini baik.

Nah, beda lagi sama dosen kelas politik, penampilan si biasa, kelihatan macho, tapi kalo udah masuk kelas, berubah, sukanya minum cafein di kelas, kalo ngajar sambil ngesot duduk di meja bagian depan sambil gigit-gigit pulpennya.

Hiburan disana yang ada cuman bar and pub, karena semua mall di Australia tutup jam 5 sore dan yang paling lama cuman 9 malem. Jadi orang sana lebih banyak menghabiskan waktu di bar.

Nah, ini hal yang gak akan pernah aku lupain kalo masalah bar. Kalo masuk bar layaknya di film-film barat yang dimana kita harus antri, kita gak perlu bayar. Masuk ke salah satu bar, nitip tas di bar itu, terus keluar lagi cari bar lain, beberapa menit balik lagi ke bar itu. Si security liat mataku, dikira aku mabok, padahal udah ngatuk banget, di tambah pula pake kontak lense, jadi iritas. Terus si security tanya, eh malah di usir, nah bingung tasku yang di titipin, aku bilang, "My bag inside.", eh malah dia panggil security yang lain, langsung aku di usir. Beh, kejadian yang gak bakal di lupain, sebenernya msih banyak kejadian yang tak terlupakan, but anyway, tintanya udah abis.

by GaWi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gwe-Store